.


universitas terbaik di indonesia by university rankings Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia Universitas jurusan PENDIDIKAN EKONOMI Akuntansi Universitas jurusan PENDIDIKAN TEKNIK

Posisi kepala ayam aduan yang bagus main atas

Posisi kepala main atas di atas atau di bawah, kepala ayam aduanbagus.
ayam aduan yang bagus main atas

Posisi kepala ayam aduan bangkok umumnya ada dua tipe. Tipe pertama adalah posisi kepala di atas. Tipe kedua yaitu posisi kepala dibawah. Posisi kepala ayam bangkok tampak jelas saat adu ayam / bertarung / sabung ayam. Terlihat jelas setelah ayam kelelahan bertarung, yaitu setelah 10 menit pada ronde pertama, atau bisa juga tampak pada ronde kedua dan seterusnya. Oleh karena itu, calon pembeli ayam aduan bangkok akan melakukan uji coba tarung (abar) dahulu selama 1-2 ronde untuk mengetahui posisi kepala ayam aduan dan teknik lainnya dari ayam bangkok yang akan dibeli.

Posisi kepala ayam bangkok di atas (kepala main atas) atau di bawah juga dapat diketahui dengan cara memegang ayam bangkok, lalu menekan kepala ayam bangkok berkali-kali ke bawah. Kepala ayam bangkok main atas, kepalanya akan selalu naik apabila ditekan ke bawah. Sebaliknya kepala ayam bangkok main bawah, kepalanya tidak mau naik lagi atau jarang naik lagi setelah ditekan ke bawah. 

Kepala ayam main bawah, terkesan mengalah saat bertarung, tidak berani / gentle berhadap-hadapan, sehingga kurang diminati. Setiap kali tidak berhasil mematok lawan dari atas, kepalanya berpindah di bawah kepala lawan atau bahkan sering menyusup ke sayap atau di bawah kaki paha lawan. Lalu kepalanya naik lagi dan mematok dari belakang atau agak menyamping. Jika ayam ini berhadapan dengan ayam main atas, yang mampu mengontrol lawan dengan baik, dan mampu mengontrol kepala lawan yang menyusup di sayap dan kaki, maka ayam main kepala di bawah cepat takluk dan kalah. 

Tetapi ada beberapa contoh ayam yang bermain kepala di bawah sangat baik. Kepalanya main dibawah karena cerdik, tidak mau dipukul, dan tidak mau dipatok. Jika kepalanya mau dipukul, kepalanya merunduk jauh di bawah hingga menyentuh tanah, sehingga kepalanya hampir tidak bisa terkena pukulan. Lalu kepalanya naik dari samping atau belakang, lalu mematok dan memukul lawan.

ayam aduan yang bagus

Ayam bangkok dengan kepala main atas posisi kepala di atas adalah kebalikan dari ayam yang bermain kepala di bawah. Kepalanya tidak mau mengalah, tidak mau diturunkan atau ditekan lawan kebawah, berani saling berhadapan kepala dengan lawan, sehingga lebih disukai dan digemari. Kepala yang di atas, memiliki kelebihan dapat mengontrol (melihat, mengawasi) kepala lawan. Kepala di atas juga memiliki peluang / kesempatan lebih banyak mematok kepala lawan. Jadi kepala ayam aduan bagus adalah main di atas.  Kepala di atas akan semakin efektif jika ditopang oleh postur tubuh yang tegak. Postur tubuh yang tegak 70 derajat, atau bahkan ada yang hampir tegak lurus, akan menambah tinggi jangkauan kepala. Jangkauan kepala yang semakin tinggi akan membuat ayam tersebut lebih dominan mengontrol lawannya, dan akhirnya mampu menguasai permainan. 

Kelemahan ayam aduan bangkok yang selalu main di atas adalah kepalanya terbuka untuk dipukul oleh lawan. Jika ayam tersebut tetap saja main di atas, dan tidak mau sesekali turun untuk menghindar, maka ini juga tidak baik. Ayam yang main kepala di atas harus juga cerdik, jika kedesak kepalanya sesekali turun untuk menghindar. Kecerdikan ayam adalah salah satu kunci dari teknik permainan kepala, kontrol dan menghindar. Kecerdikan adalah bawaan yang tidak bisa dilatih.

Ayam aduan bangkok banyak yang bisa bermain kepala di atas. Tapi yang terbaik adalah kepala main di atas yang sesekali ke bawah, ditopang oleh tubuh yang tegak, kepala yang pinang, leher cukup panjang agar bisa mengunci, atau tidak bisa mengunci tetapi kepala aktif bergerak sehingga sulit di kunci, dan leher yang cukup kuat agar tidak mudah ditekan lawan.


Sekian tentang posisi kepala main atas di atas atau di bawah, kepala ayam aduan bagus, terima kasih.

Share:

No comments:

Post a Comment