.


universitas terbaik di indonesia by university rankings Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia Universitas jurusan PENDIDIKAN EKONOMI Akuntansi Universitas jurusan PENDIDIKAN TEKNIK

Ciri ayam bangkok aduan bagus pada tulang ekor

Ciri ayam bangkok aduan bagus pada tulang ekor     ayam bangkok aduan bagus pada tulang ekor ayam
ayam bangkok super VIP bulu ekor panjang-keras-indah



tulang ekor ayam bangkok bagus     tulang ekor ayam bangkok aduan yang bagus
Ekor ayam bangkok naik (kiri) - ekor ayam bangkok naik dan mekar (kanan)


gambar ayam bangkok aduan bagus pada tulang ekorCiri ayam bangkok aduan bagus pada tulang ekor ayam bangkok
Masuk dalam ciri ciri ayam bangkok aduan yang bagus,
dengan ekor panjang, kuncup, turun

Gambar-gambar ayam bangkok di atas memperlihatkan contoh tentang ciri ciri ayam bangkok aduan yang bagus pada bagian ekor.  Dua gambar ayam bangkok pertama paling atas adalah ayam super VIP di thailand kategori ayam berkelas mahal.  Dua gambar berikut di tengah, adalah ekor ayam bangkok yang naik ke atas, pendek dan juga mekar/melebar.  Bentuk ekor naik kurang pas untuk ayam bangkok dan juga ayam thailand.  Ekor naik hanya cocok untuk ayam tertentu, misalnya campuran dengan birma atau ayam asli birma, dengan ukuran lebih kecil dan ringan.

Gambar ayam bangkok berikutnya adalah contoh ekor ayam bangkok yang bentuknya kuncup, bulu ekor panjang, semakin keujung makin turun ke bawah.  Tapi tidak semua bulu ekor sama panjangnya, yang paling panjang adalah beberapa bulu ekor paling atas, dan yang pendek adalah bulu ekor paling bawah.  Bulu ekor seperti ini paling lazim untuk ayam bangkok aduan, dengan kelebihan gerakan ekor cukup cepat dan ayunan ekor lebih dalam, sehingga mempercepat gerakan ayam dan memperdalam pukulan.  Jika semua bulu ekor sama panjang (umumnya untuk bulu ekor yang pendek), bentuknya seperti bulu ekor ayam betina.  Bulu ekor pendek ini gerakan cepat tetapi kurang membantu memperkuat pukulan.

Bagian ekor yang paling penting sebetulnya adalah tulang pangkal ekor. Tulang ekor ayam bangkok ini harus berukuran sedang s/d besar, merapat dan kuat.  Kenapa tulang ekor ini penting?
  • Tulang ekor ayam bangkok termasuk sering bergerak, untuk menggerakkan ekor sebagai kemudi gerakan ayam saat bertarung.  Frekuensi gerakan persendian tulang ekor sama seringnya dengan pangkal paha, pangkal sayap dan pangkal leher.  Karena itu semua tulang persendian pada ayam tersebut harus kuat.  Kuat berarti bertulang besar/rapat dan berotot besar/padat.  Jika tulang ekor tidak cukup besar dan tidak kokoh maka tulang ekor ayam cepat lemas, sehingga tulang ekor tidak maksimal mengemudikan gerakan ayam dan memperkuat dorongan pukulan, terutama pada babak-babak pertengahan dan babak akhir pertarungan.
  • Tulang ekor bukan hanya menggambarkan kekuatan ekor ayam bangkok aduan.  Tulang ekor adalah ujung dari ruas-ruas tulang belakang, yang merupakan satu garis memanjang dari pangkal kepala, leher, tulang punggung dan terakhir di ekor.  Jadi tulang ekor ayam bangkok sebetulnya menggambarkan keseluruhan tulang leher dan tulang punggung belakang.  Bagus tidaknya tulang leher dapat dicek dengan mudah, tetapi tulang punggung belakang tidak bisa di cek, karena itu tulang ekor setidaknya dapat menggambarkan besar kecilnya tulang punggung.  
Demikian tentang ciri ayam bangkok aduan bagus pada tulang ekor, semoga bermanfaat

Kembali


Share:

No comments:

Post a Comment